Indonesia merupakan suatu negara yang terdapat banyak sekali pulau dengan berbagai daerah yang tersebar. Dimana di setiap daerah tersebut pastinya memiliki tempat wisata yang menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri. Seperti halnya kota Malang yang tempatnya berada di pulau Jawa bagian Timur ini memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi wisata menarik bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur, bertamasya, ataupun berekrasi mereka di kota yang sejuk ini.Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi di Kota Malang – Batu adalah Coban Rondo.

Coban Rondo

Kota Malang ini terkenal dengan makanan khasnya yaitu buah apel yang bisa dijadikan keripik ataupun sari buah apel. Namun seiring berjalannya waktu, kota yang berdekatan dengan Kota Batu ini kini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan banyak tempat wisata yang ada di kota yang terkenal dengan olahan buah apelnya ini.

Keindahan Air Terjun Coban Rondo yang Khas

Terdapat beberapa destinasi kawasan wisata yang memiliki keindahan alam yang eksotis dan mempesona di kota Malang yang tidak boleh dilewatkan yaitu salah satunya Coban Rondo. Coban Rondo ini merupakan air terjun yang miliki ketinggian 84 meter dan merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan panorama alam dengan air terjunnya yang indah. Tempat wisata air terjun Coban Rondo ini terletak di Kecamatan Pujon yang dekat dengan Kota Batu, Kabupaten Malang. Air terjun Coban Rondo ini memiliki ketinggian kira-kira 1.135 meter diatas permukaan laut, dan sumber mata airnya terletak di kaki lereng Gunung Kawi yang tidak jauh dari kawasan Coban Rondo itu sendiri. Dalam sejarahnya, nama Coban Rondo ini memiliki sejarahnya sendiri mengapa bisa dinamakan Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo

Air terjun pada Coban Rondo ini memiliki limpahan butiran air yang sangat menyegarkan dengan dikelilingi tebing-tebing hijau dan pohon piinus yang berjejer sangat indah, mempesona, dan juga dapat menyejukkan mata wisatawan yang berkunjung dan melihatnya. Sembari menyaksikan keindahan panorama dari Coban Rondo, wisatawan juga dimanjakan oleh kicauan burung yang merdu. cek juga air terjun paling bagus di jawa timur, air terjun tumpak sewu.

Mitos dan Cerita Masyarakat tentang Air Terjun Coban Rondo

Coban rondo merupakan bahasa jawa yang berarti Air Terjun janda dalam bahasa indonesia. Tempat wisata ini dinamai demikian bukan karena tanpa alasan, menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat. Pada zaman dahulu di tempat ini merupakan tempat kematian dari sang suami Dewi Anjarwati, yang bernama Raden Baron Kusumo. Berawal dari pernikahan Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma yang masih berusia 36 hari, sang Dewi mengajakan suaminya untuk mengunjungi orang tua dewi Anjarwati  yang berada di Gunung Kawi.

Air Terjun Coban Rondo Malang Batu

Sedangkan saat itu, menurut kepercayaan masyarakat setempat. Dilarang untuk bepergian jauh sebelum usia pernikahan berusia 40 hari, namun kedua sang dewi dan sang raden tidak mengindahkan pantangan tersebut. Alhasil saat berada di tengah perjalanan menuju rumah orang tua dewi Anjarwati, rombongan raden Baron Kusuma dihadang oleh kelompok dari Joko Lelono. Melihat kecantikan dewi anjarwati, Joko lelono memaksa Raden Baron Kusumo untuk menyerahkan istrinya. Tentu saja sang Raden menolak dengan tegas.

Alhasil, pertempuran untuk melindungi sang Dewi tidak dapat dihindari. Saat terjadi pertempuran dari rombongan Raden Baron Kusumo dengan kelompok Joko lelono, sang raden menyuruh pengawalnya untuk menganmankan Dewi Anjarwati dengan bersembunyi di belakang air terjun. Namun nasib baik tidak berpihak pada Raden Baron Kusumo, sehingga gugurlah sang Raden dalam pertempuran tersebut. Dan kini sang Dewi menjadi Janda atau Rondo dalam usia pernikahan yang masih dalam hitungan hari tersebut. Maka Air terjun tersebut oleh masyarakat lokal diberi nama Coban Rondo.

Wahana dan Fasilitas di Coban Rondo

Taman Coban Rondo

Saat berkunjung ke tempat wisata Coban Rondo ini, wisatawan tidak hentinya dimanjakan dengan suasana sejuk dan segar. Wisatawan yang datang bisa melakukan kegiatan seperti foto pemandangan Coban Rondo, selfie, tracking ataupun hanya untuk menikmati keindahan alam air terjun dari Coban Rondo ini. Tidak hanya kegiatan hunting foto, selfie, dan tracking, di tempat wisata ini juga menyediakan kegiatan lain yang tentunya sangat menyenangkan seperti adanya area untuk bermain keluarga yaitu outbond.

Selain itu, terdapat wahana lain yang tidak kalah mengasyikkan yaitu Fun Tubbing. Wahana ini merupakan suatu kegiatan yang memacu adrenalin yang dilakukan di sungai dengan arus yang cukup deras. Jadi dengan banyaknya kegiatan dan wahana di Coban Rondo tersebut, ini menunjukkan bahwa tempat wisata ini sangat cocok untuk kegiatan rekreasi dan bermain bersama keluarga, sahabat ataupun teman.

Labirin di Coban Rondo

Di kawasan Coban Rondo ini juga telah dilengkapi area camping untuk para wisatawan yang berkunjung. Selain area camping tersebut, di kawasan Coban Rondo ini pun terdapat tempat penginapan seperti villa, hotel, resort, dan lain-lain. Jadi untuk para wisatawan yang berkunjung ke Coban Rondo tidak lagi kebingungan apabila ingin mencari tempat untuk menginap.
mungkin anda berminat dengan Paket Wisata Malang, Paket Wisata Bromo, dan Paket Wisata Pantai Malang yang kami sediakan.

Rute Menuju Coban Rondo

Untuk akses menuju Coban Rondo ini sendiri sangat mudah. Dimana wisatawan bisa membawa kendaraan pribadi mereka ataupun menggunakan transportasi umum seperti bis yang biasanya membawa rombongan wisata, karena kondisi jalannya sangat baik dan beraspal walaupun terkadang harus menemui tanjakan dan terdapat kondisi jalan yang sedikit bekelok.

Jika anda sudah berada Kota Batu (alun – alun). Maka sekitar 30 menit lagi untuk menuju tempat wisata coban rondo dengan melalui urutan Jalan Brantas, Jalan panglima Sudirman, jalan Trunojoyo, Jalan Rajek Wesi, dan yang terakhir Jalan Coban Rondo. Berikut gambaran tentang Rute Tersebut:

Harga tiket masuk dan Wahana di Coban Rondo

  • Wisatawan lokal (hari biasa) Rp. 15.000
  • Wisatawan lokal (akhir pekan dan hari libur) Rp. 18.000
  • Wisatawan domestik (hari biasa) Rp. 30.000
  • Wisatawan domestik (akhir pekan dan hari libur) Rp. 35.000
  • Taman Labirin Rp. 20.000
  • Kuda Tunggang Rp. 12.000
  • Kereta Mini Rp. 5.000
  • Sepeda Gunung Rp. 5.000
  • Fun Tubbing Rp. 35.000
  • Paint Ball Rp. 450.000 untuk 6 orang
  • Wisata Safari Rp. 5.000
  • Flying Fox Rp. 30.000

Untuk jam operasinal tempat wisata coban rondo buka mulai jam 07.00 – 17.00 WIB.

Berikut informasi penting terkait tempat wisata di Malang, Coban Rondo. Apabila anda menemukan informasi yang tidak valid sesuai di lapangan, jangan sungkan untuk manambahkan saran anda di kolom komentar di bawah ini.

Foto dan Spot di Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo
Taman Labirin Coban Rondo © Google Maps Image
Taman Bunga di Coban Rondo
Taman Bunga di Coban Rondo © Google Maps Image
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo © Google Maps Image
Kawasan Taman di Coban Rondo
Kawasan Taman di Coban Rondo © Google Maps Image
Taman depan Coban Rondo
Taman depan Coban Rondo © Google Maps Image
loket tiket masuk coban rondo
loket tiket masuk coban rondo © Google Maps Image
asal muasal legenda dan nama coban rondo
asal muasal legenda dan nama coban rondo © Google Maps Image
coban rondo dari dekat
coban rondo dari dekat © Google Maps Image
coban rondo pada hari minggu
coban rondo pada hari minggu © Google Maps Image
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments