Gunung Bromo merupakan sebuah Gunung yang terletak di Provinsi jawa timur. Gunung bromo merupakan sebuah tempat wisata yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, atau biasa disingkat dengan TNBTS. Gunung bromo selain dijadikan destinasi wisata oleh para traveller local maupun domestic. Di Gunung Bromo sendiri juga sering diadakan acara keagamaan oleh masyarakat setempat, khususnya di Pura Luhur Poten yang lokasinya tidak jauh dari kawah Gunung Bromo itu sendiri.

Gunung bromo menjadi sangat populer sebagai tempat pariwisata dikarenakan  banyaknya turis dari luar negeri yang suka berburu foto keindahan alamnya serta pernah menjadi trending fotografi dengan tema “Bromo Milkyway”. Maka dari trending tersebut barulah Gunung Bromo dikenal oleh kalangan luas tentang keindahan alamnya. Selain Bromo Milky Way, ada beberapa trending tentang keindahan Gunung Bromo seperti Lautan pasir, Padang Savana, dan Juga Sunrise Bromo.

Persiapan ke Bromo

Seiring berjalannya waktu tingkat kunjungan pariwisata ke Gunung Bromo kian meningkat. Selain mempunyai pemandangan alam yang sangat bagus dan juga cocok dikunjungi oleh segala kalangan usia, maka Pemerintah dan juga masyarakat setempat ikut turut serta mengembangkan destinasi pariwisata ini sehingga tempat pariwisata ini terus memberikan pengalaman baru yang sangat berkesan bagi para pengunjungnya.

Banyak dari masyarakat Indonesia yang ingin mengunjungi tempat wisata ini dikarenakan media  yang meliput tentang keindahan ala ini tiada habisnya menyajikan informasi yang sangat menggugah semangat untuk berkunjung ke Gunung Bromo. Namun bagi para wisatawan yang hendak ke Gunung Bromo alangkah baiknya mengenali Gunung Bromo sebelum mengunjungi tempat tersebut, agar perjalanan pariwisata yang diinginkan dapat berkesan dan berjalan dengan baik.

Maka dari itu, kami selaku agen pariwisata Malang Bromo akan memberikan gambaran tentang Gunung Bromo dan beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum menuju ke Bromo. Berikut hal – hal tersebut.

1. Pakai Jaket Tebal atau yang Hangat

jaket yang tebal
Gambar oleh Stefano Ferrario dari Pixabay

Seperti pada kebanyakan Gunung lainnnya. Di Gunung Bromo memiliki hawa dan udara yang sejuk, namun hal ini berbanding lurus dengan suhu yang ada disana. Di tempat ini suhu bisa mencapai 10 derajat celcius, Maka diwajibkan bagi para wisatawan yang hendak kesini mempersiapkan Jaket yang tebal guna untuk menghangatkan tubuh. Bukan hanya sekedar jaket untuk fashion atau untuk gaya – gaya. Ingat tempat ini dingin, utamakan kenyamanan anda.

2. Pakai Syal, Sarung Tangan, dan Kerpus/Kupluk

Sarung Tangan
Gambar oleh FotoRieth dari Pixabay

Selain jaket yang digunakan untuk menghangatkan tubuh. Syal, Sarung tangan, dan Kerpus/kupluk adalah hal wajib kedua yang harus anda persiapan. Selain mengahangatkan tubuh anda juga perlu untuk menghangatkan bagian kepala, leher, dan juga tangan anda.

3. Pakai Sepatu dan kaos kaki

Sepatu dan Kaos kaki
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Sebenarnya bisa saja anda memakai sendal dan juga kaos kaki untuk menghangatkan bagian kaki anda. Tapi kami lebih menganjurkan memakai sepatu dikarenakan, apabila anda mengunjungi tempat ini dan bertujuan untuk melihat sunrise atau matahari terbit dari gunung bromo. Maka langkah ini akan membantu kaki anda tetap hangat, dikarenakan embun pagi dan juga angin yang berhembus.

4. Pakai pakaian rangkap

Pakaian Rangkap

Image by StockSnap from Pixabay

Selain beberapa hal yang telah kami sebutkan diatas, kami juga sangat menyarankan anda untuk memakai pakaian yang berangkap. Hal ini guna lebih menghangatkan tubuh anda agar jangan sampai anda kedinginan selama di bromo. Hindari menggunakan pakaian yang tipis atau kurang memberi tubuh anda kehangatan.

5. Pakai Masker penutup

Masker Bromo

Yang Namanya gunung pasti memiliki hembusan angin yang cukup kencang jika dibandingkan dengan daerah pemukiman yang berada di tengah kota atau jauh dari gunung. Maka untuk menghindari anda menghirup debu yang beterbangan maka wajib memakai masker untuk menjaga pernafasan anda jangan sampai batuk – batuk karena debu yang langsung terhirup.

6. Bawa Senter kecil

Persiapan Senter ke Bromo
Image by Thanks for your Like • donations welcome from Pixabay

Senter kecil ini bersifat opsional atau tidak wajib. Bagi anda yang ingin melihat matahari terbit dari puncak gunung maka wajib membawa senter, karena saat melakukan pendakian ada beberapa jalan yang tidak terjangkau penerangan lampu. Namun bagi anda yang mengunjungi gunung bromo tidak untuk melihat matahari terbit atau berangkat pada tengah malam. Maka anda tidak harus membawa senter.

7. Bawa Makanan, Minuman, dan Uang

Bekal Makanan
Gambar oleh Matthias Böckel dari Pixabay

Membawa makanan atau minuman bisa jadi opsional atau hal yang tidak wajib. Tapi membawa uang adalah wajib. Meskipun di sana ada beberapa warung atau restoran yang menyediakan makan dan minum, anda masih diperbolehkan membawa makanan dan minuman apabila anda ingin berhemat atau takut makanan dan minuman disana bukan selera anda. Untuk membawa uang adalah yang wajib dipersiapkan karena anda harus membayar tiket masuk tempat wisata tersebut, dan juga untuk beberapa kebutuhan anda lainnya.

8. Bawa Kamera Atau Peralatan Dokumentasi

Bawa kamera di Bromo
Gambar oleh Jan Vašek dari Pixabay

Selain membawa perlengkapan diatas, ada juga saran dari kami untuk membawa kamera atau alat dokumentasi lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengabadikan momen – momen keseruan selama di Gunung Bromo dapat dikenang melalui foto atau media lainnya.

9. Lakukan Reservasi/Booking Online Terlebih Dahulu

Bukit Teletubbies Gunung Bromo

Mulai tanggal 01 Desember 2019, kegiatan ke Gunung Bromo tidak bisa sembarangan masuk. pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mewajibkan setiap wisatawan yang mau berkunjung ke Gunung Bromo hendaknya melakukan Booking Online terlebih dahulu. Hal ini agar tidak terjadi kemacetan/antrian saat di loket.

Meski saat artikel ini diupdate (31/03/2020) tidak sepenuhnya wisatawan booking online terlebih dahulu sebelum mengunjungi gunung bromo. namun tidak menutup kemungkinan, kedepannya pihak TNBTS akan membatasi atau bahkan melarang wisatawan untuk masuk ke kawasan Gunung Bromo apabila tidak melakukan Booking Online terlebih dahulu. berikut link untuk anda dapat booking online sebelum ke bromo.

Bagi anda yang ingin ke Bromo, kami siap untuk menemani perjalanan pariwisata anda dan jangan khawatir untuk melakukan persiapan sebelum ke bromo karena kami telah menyiapkan semua kebutuhan pariwisata anda seperti masker, syal, kupluk, & sarung tangan semua dari pihak Travel Malang. jangan ragu atau sungkan untuk menghubungi kami di:

Rekomendasi Untuk Anda:

Tinggalkan Komentar

avatar